Nov 1, 2016

Sebaiknya Minum Air Putih sebelum Makan, Inilah Alasannya!

 Kesehatan adalah hal pokok yang harus kita jaga dan manfaatkan. Dengan kesehatan kita bisa belajar, bekerja dan beraktivitas lainnya. Untuk mendapatkan kesehatan tersebut kita harus memiliki pola hidup yang sehat. Kita harus cermat dalam mengatur pola hidup kita, mulai dari pola makan, istirahat dan lainnya.

Sesuaikan asupan gizi dengan aaktivitas yang anda lakukan, serta jangan lupa memberikan waktu untuk tubuh anda beristirahat. Ada banyak cara untuk mengatur pola hidup sehat. Salah satu contohnya adalah kebiasaan minum terlebih dahulu sebelum makan. Memang kebiasaan ini simpel dan kurang mendapat perhatian.

Banyak orang yang meremehkan khasiat dari kebiasaan kecil ini. Perlu anda ketahui minum sebelum makan akan memberikan efek positif bagi kesehatan anda. Dalam islam pun kebiasaan ini snagat dianjurkan yaitu salah satu obat hati adalah minum sebelum makan. Selain itu kebiasaan ini juga tidak memerlukan keahlian khusus atau tenaga ekstra.

Hanya dengan keteguhan dan kesungguhan untuk melaksanakannya secara rutin, maka berbagai manfaat akan menghampiri anda. Selanjutnya kita akan membahas beberapa manfaat minum air putih sebelum makan.

1. Mencegah obesitas
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih sebelum makan dapat menyebabkan berkurangnya konsumsi kalori dalam tubuh, yang akan berdampak pada penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena dengan meminum segelas air putih kita akn merasa kenyang, sehingga tubuh kita tidak memerlukan banyak asupan makanan untuk mencapai titik kenyang. Selain itu air putih mampu memangkas kalori lebih baik dari minuman yang mengandung gula yaitu 100 kal per gelas.

2. Membuat kulit halus
Air putih ternyata bisa membuat kulit anda tampak muda dan bercahaya. Air akan membuat sistem dalam tubuh tetap berjalan dan mampu membantu proses detoksifikasi alami tubuh. Dengan meminum air putih sebelum makan dapat membantu menghaluskan dan melembabkan kulit serta mencegah kulit kusam dan kering.
3. Menjadikan anda lebih energik
Dehidrasi adalah kondisi dimana kita kekurangan cairan tubuh. Kondisi ini menjadikan kita lemah dan lesu. Untuk menghindari dehidrasi kita membutuhkan air putih yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan minum air putih sebelum makan maka kita akan terhindar dari dehidrasi dan tetap bersemangat serta kita akan lebih energik dalam melakukan aktivitas.
4. Membantu proses pengeluaran racun
Dengan minum air putih sebelum makan, kita akan membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Air minum yang masuk dalam tubuh akan membawa racun keluar melalui alat pembuangan berupa kencing atau BAB. Sehingga dengan minum sebelum makan, kita akan menjadi sehat karena makanan yang kita konsumsi tidak bercampur dengan racun
5. Mencerdaskan otak
Kita tahu sendiri apabila cairan tubuh juga akan memperngaruhi kekurangan cairan pada otak. Apabila otak kita kekurangan cairan maka kinerja otak kita menjadi berkurang. Dengan minum sebelum makan kita akan memenuhi kebutuhan cairan di otak kita.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapat ketika minum air putih sebelum makan. Perlu anda ketahui ketika kita minum setelah makan, makanan yang masuk dalam tubuh kita akan mengmbang dan biasanya menyebabkaqn begah. Hal ini merupakan salah satu gangguan kesehatan.

Pada dasarnya tujuan kita makan adalah untuk mendapatkan kenikmatan, namun apabila kita selesai makan langsung minum maka tubuh kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan tersebut, sehingga kandungan berbahaya dalam makanan tidak tersaring dan berpotensi menyebabkan bebrapa penyakit seperti lambung dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah berkunjung di blog saya, silahkan menambahkan komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Info Kesehatan dan Cara Hidup Sehat . All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.