Apr 24, 2016

Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil

Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung.  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini. Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Cuman saja, ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya.

Pada periode kehamilanya, ibu memerlukan asupan gizi seimbang ibu hamil untuk kesehatan janin yang dikandungnya. Bunda dituntut memahami makanan yang sehat bagi kehamilanya. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya diatur agar “tepat sasaran”. maksudnya, kita makan sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Tentunya tidak semua makanan baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.
Bersama dengan usia kehamilan yang terus bertambah, makan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, khususnya ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada saat trimester kedua, janin tumbuh dengan sangat pesat, khususnya mengenai pertumbuhan otak berikut susunan syarafnya.

Gizi dan Nutrisi ibu hamil yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya. Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik nan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal berkisar antar 12-15 kilogram.
Berikut ini beberapa jenis makanan dengan gizi seimbang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Asupan gizi Protein Ibu Hamil; Daging, Ikan, dan Telur

Berikut ini jenis daging, ikan dan telur yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu sebagai asupan gizi seimbang dimasa kehamilan ibu.

1. Daging tanpa Lemak. Salah satu sumber protein adalah daging, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak atau bagian lemaknya telah dipisahkan.

2. Telur
Jumlah kalori yang terkandung dalam telur hanya sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk sumber gizi pada masa kehamilan.
Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan janin dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan organ penglihatan.

3. Ikan salmon (salmon fish)
Ikan salmon merupakan sumber omega-3 dan protein. Kandungan gizi pada ikan salmon baik sekali untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.


Asupan Gizi Ibu Hamil Kacang-Kacangan, Buah dan Sayur
Beberapa jenis kacang-kacangan, buah, sayuran hijau dan umbi-umbian juga sangat baik sebagai asupan gizi ibu hamil.

1. Kacang-kacangan
Asupan gizi sayuran untuk ibu hamil, dari beberapa jenis kacang-kacangan yang ada, buncis mengandung yang sumber dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran lainya.
Anda sudah tahu protein penting selama kehamilan, namun bunda mungkin belum menyadari bahwa serat merupakan asupan gizi ibu hamil yang sangat diperlukan. Pada masa kehamilan ibu, saluran pencernaan melambat, mengakibatkan risiko sembelit dan wasir pada ibu hamil. Serat alami dapat membantu meringankan wasir pada ibu hamil.
Sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

2. Ubi jalar
Asupan gizi bagi kehamilan ibuUbi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna. satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi ibu hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

3. Walnut
Asupan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil. Walnut merupakan sumber omega 3 alternatif selain ikan dan telur. Omega 3 sangat berguna untuk perkembang otak pada janin.

4. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.

Sayuran untuk kesehatan kehamilan. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.
Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna. Asupan sayuran dan buah merupakan Gizi dan Nutrisi ibu hamil. Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. Baca juga: Manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Manfaat Buah Bengkoang untuk ibu hamil.
Makanan Olahan. Makanan olahan yang terbuat dari susu seperti yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada prinsipnya, asupan makanan untuk ibu hamil harus memenuhi empat sehat lima sempurna setiap harinya:
karbohidrat, misalnya : nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth)
sayuran
buah-buahan
protein, misalnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe
produk susu, misalnya : susu, yogurt, keju

Makanan Yang Harus dihindari selama Ibu Hamil

Bunda sebaiknya menghindari minum kopi. Caffein yang terkandung pada minuman kopi berakibat resiko pada janin. Batas maksimum yang dianjurkan adalah 200 mg per hari, kira-kira 1,5 cangkir kopi/hari.
Makanan lain yang harus dihindari ibu hamil adalah :
Hindari minuman yang mengandung alk*hol
mayonaise, karena mengandung telur mentah
telur yang kurang matang
daging yang setengah matang (half cooked)
hotdog atau hamburger
sushi
olahan susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
seafood yang kandungan merkurinya tinggi, misalnya kerang


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah berkunjung di blog saya, silahkan menambahkan komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Info Kesehatan dan Cara Hidup Sehat . All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.