May 28, 2016

Bahaya Suntik Silikon



BAHAYA DAN EFEK SAMPING DARI SUNTIK SILIKON

Suntik Silikon
Meski sudah banyak korban yang jatuh, orang ternyata belum jera juga untuk melakukan suntik silikon cair dan kolagen demi memburu "kecantikan." Apa sebetulnya silikon cair dan kolagen? Apa pula bahayanya?

Mau tambah cantik malah jadi "hancur." Itulah nasib Martha. Wajah ibu tiga anak ini kini bisa dibilang tak lagi berbentuk. Ia pun masih harus menahan sakit luar biasa di wajahnya. Semua itu akibat pengaruh silikon cair yang disuntikkan ke wajahnya beberapa tahun sebelumnya. "Terkadang muka saya ini serasa mau pecah," keluhnya. (NOVA 684/XVI ­ 8 April 2001). 


Banyak jalan pintas yang ditempuh kaum wanita demimempertahankan kecantikan dan keremajaan kulitnya. Suntik botoks, menjadi salah satujawaban yang bisa membantu wanita mengusir kerut dan memperindah penampilan. Namun,mengingat harganya cukup mahal, banyak wanita berusaha mencari jalan lain.Sebagai pengganti suntik botoks, suntik silikon pun sering menjadi pilihan.

Apakah silikon itu ?
Silikon adalahpolimer nonorganik yang bervariasi, dari cairan, gel, karet, hingga sejenisplastik keras. Beberapa karakteristik khusus silikon : tak berbau, takberwarna, kedap air, serta tak rusak akibat bahan kimia dan proses oksidasi,tahan dalam suhu tinggi, serta tidak dapat menghantarkan listrik. Pertama kaliditemukan, digunakan untuk membuat lem, pelumas, katup jantung buatan, hinggaimplan payudara.

Jenis Silikon
Beberapa jenissilikon :
Silikon cair yang memang banyak digunakan di salonuntuk memperbesar payudara dan mengubah bentuk wajah. Cara itu jelas tidakaman. “Ini hanya digunakan untuk industri.”
Kedua, silikon gel. Silikon itu merupakan campuranantara silikon padat dan bentuk cair, digunakan sebagai bahan pengisi implanpayudara. Dibungkus menggunakan lembar silikon (silicones sheet) berbentuksuatu kantong (silicones bag)
Silikon padat. Terdiri atas lembar silikon untukpembungkus implan payudara, bentuk blok, atau bentuk implan jadi (buatanpabrik) untuk suatu kegunaan tertentu (misal protesis katup jantung, testistiruan, implan hidung dan pipi, dsb).

Karena ketidaktahuanpasien maka sering pelaku usaha menyebut silikon cair sebagai kolagen. Dampakdisuntik silikon cair, 1-2 tahun kemudian, didaerah yang disuntik, misalnyadagu atau hidung, akan berwarna merah dan bengkak (tanda penolakan tubuh), sehinggawajah tampilannya berubah drastis, bahkan bisa mirip nenek sihir.
Bahkan untuk memperbesar ukuran payudara supaya terlihat wah,banyak juga yang menggunakan silikon jeli. Silikon jeli biasanya terbungkusdalam kantung, sehingga mudah diangkat jika ternyata menyebabkan reaksi alergi.Sedangkan untuk membentuk hidung, banyak yang menggunakan silicon padat agardibentuk sesuai keinginan dan mudah dibongkar jika ada reaksi alergi.
Efek Negatif Suntik Silikon


Bahaya dari Silikon
Tapi tahukah Anda, ada bahaya mengintai dibalik silikon yang disuntikkan dalam organ tubuh manusia. Banyak dokterterkemuka telah memperingatkan efek samping dari suntik silikon, apalagi, jikasuntik silikon bukan dilakukan oleh petugas medis yang profesional.
Seperti diakui oleh seorang dokter, dari American Society of Plastic Surgeons, Dr Malcolm Z Roth, bahwa saat ini banyakmuncul suntikan silikon ilegal, yang sedang dikelola oleh praktisi yang tidakmemenuhi syarat. Dikenal dengan sebutan 'pumping parties', kegiatan ini sangatberisiko karena menggunakan pelarut lemak berbahaya.
Adayang menggunakan untuk menyuntikkan pada wajah,bibir, tulang pipi, dagu ataupayudara. Seringkali pula digunakan untuk meningkatkan volume bokong.

Ekonomi yang lemah telahmemicu terjadinya peningkatkan konsumen suntik silikon. Mereka tidak mampumembayar dengan harga mahal untuk mendapatkan botoks dan akhirnya memilih untukmendapatkan suntik silikon.
Ironisnya, dalam beberapa kasus pasientahu betul itu bukan dokter, tetapi, mereka merasa tidak mampu untukpergi ke dokter bedah plastik bersertifikat yang sah, mereka lebih memilihjalan pint
Inilah Akibat Suntik Silicon

Efek Samping Silikon
Dr Angel Coz, spesialis perawatan paru di Henry Ford Hospital di Detroit juga mengatakanefek samping yang bisa membahayakan nyawa manusia. Ia menjelaskan pernahmenerima satu pasien dalam kondisi gawat setelah menerima suntik silikon dibagian bokong. Dia mengatakan wanita 30 tahun tiba di ruang gawatdarurat rumah sakit dalam kondisi kehabisan napas dan batuk darah.
Pelarut lemak yang digunakan untuk membuat silikondengan cepat melakukan perjalanan ke paru-parunya, menyebabkan gumpalan yangdikenal dengan 'sindrom emboli silikon'. Bersyukur, wanita itu bisadiselamatkan, setelah pengobatan dengan steroid. Ada dua jenis efek samping yang dapat terjadi akibatsuntikan silikon. Kerusakan paru-paru adalah salah satunya. Risiko lain adalahbisa menyebabkan kerusakan pada otak. Risikoitu bisa menyebabkan potensi kematian 20 persen jika menyerang paru-paru. Tapi, yang lebihberbahaya lagi, risiko kematian 100 persen jika menyerang otak. Rata-rata pasien yang meninggal, telah menerima suntikan di bagian bokong.
"Setiap pasien harus waspada dan selalu mempertimbangkan denganmatang untuk setiap prosedur kosmetik yang akan mereka lakukan”
Sumber vivanews.com dan detik.com



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah berkunjung di blog saya, silahkan menambahkan komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Info Kesehatan dan Cara Hidup Sehat . All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.