Oct 6, 2016

Inilah 10 Manfaat Makan Buah Tiap Hari


Sehat yang benar-benar sehat itu saat tubuh, pikiran, dan jiwa dalam keadaan harmoni yang seimbang.  Dan fakta menyebutkan, buah-buahan memiliki banyak manfaat kesehatan.
Buah mengandung banyak nutrisi, serat, dan vitamin yang memainkan peran kunci dalam menjaga tubuh Anda selalu fit.  Patut diingat bahwa memakan buah-buahan dalam bentuk alami jauh lebih baik daripada buah yang sudah diawetkan atau dalam bentuk kalengan. Berikut  10 Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari :

1. Sumber Utama Antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Untuk menjaga keseimbangan tingkat oksidasi, tumbuhan dan hewan memiliki suatu sistem yang kompleks dari tumpangsuh antioksidan, seperti glutation dan enzim (misalnya:  katalase dan superoksida dismutase) yang diproduksi secara internal atau dapat diperoleh dari asupan vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup, maka kebutuhan vitamin sebagai sumber antioksidan akan tercukupi pula.

2. Membantu Mengatasi Obesitas (Kelebihan Berat Badan)

Apakah saudara pembaca merasa memiliki kelebihan berat badan ? Apabila ya, maka mengkonsumsi buah dan sayur dapat menjadi solusi permasalahan Anda tersebut. Buah dan sayur kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang dapat menunda waktu makan kita atau bahkan mengurangi porsi makan yang berlebih.

Kalori yang terkandung dalam buah dan sayur itu sendiri rendah dan bebas dari lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari maka asupan kalori akan berkurang sehingga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Hal itu terjadi ketika jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dibanding kalori yang keluar atau kita gunakan untuk beraktivitas.

3. Tubuh Lebih Segar dan Enerjik
Seperti yang kita  ketahui bersama bahwa buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Vitamin bersama enzim berperan dalam reaksi kimia yang penting untuk fungsi tubuh, termasuk produksi energi. Mineral diperlukan untuk menyusun komposisi tulang, darah, dan pemeliharaan fungsi sel tubuh. Karena itu, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari dengan porsi yang sesuai, kita akan merasa lebih segar dan enerjik.


4. Membantu Melancarkan Buang Air Besar Setiap Hari


Tingginya serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan kelancaran proses metabolisme tubuh.Dengan begitu proses buang air besarpun mudah. Kotoran yang keluar tidak keras dan tubuh kitapun sehat. Selain itu, konsumsi buah dan sayur dengan porsi yang sesuai dapat menghindarkan dari penyakit wasir atau bagi penderita penyakit wasir dapat sebagai solusi penyakitnya.

5. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner juga dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik dan termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Seseorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantungnya terhambat oleh lemak. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain: vitamin A (beta-karoten), C dan E, magnesium, zinc, fosfor, dan asam folat. Riset menunjukkan asam folat berkhasiat mengurangi kadar homosistein, zat yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

6. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker


Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.Terapi dengan diet jus buah dan sayuran yang terprogram dapat mengobati kanker dan berbagai macam penyakit.

Buah-buahan yang berwarna merah dan ungu, seperti tomat, strawberry dan buah merah, mengandung banyak lycopene dan anthocyanins yang berkhasiat mengatasi kanker.  Buah mampu mencegah kanker secara alami karena mengandung zat anti-karsinogenik (anti-kanker).  Di samping itu, hampir semua buah-buahan kaya akan mineral, serat, antioksidan, fitokimia dan vitamin.  Nutrisi tersebut berguna untuk memperkuat tubuh Anda dari dalam serta melawan berbagai jenis penyakit secara alami, termasuk kanker.


7. Menghindarkan Penyakit Kolagen


Penyakit ini bisa menyebabkan kekakuan kulit hingga mengeras, bahkan bisa merusak sendi-sendi. Penyakit ini bisa dihindari dengan konsumsi buah dan sayur secara teratu dan menghindari makanan olahan dan daging yang berlebihana.

8. Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia
Penelitian yang dilakukan oleh University of Queensland mengatakan bahwa mengkonsumsi delapan porsi buah dan sayuran sehari tidak saja meningkatkan kesehatan fisik namun juga meningkatkan kesejahteraan jiwa.

Vitamin C merupakan faktor penting dalam produksi dopamin, dimana dopamin merupakan neurotransmitter yang mendasari motivasi dan mempromosikan keterlibatan. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran telah terbukti mengurangi peradangan tubuh dan mampu melindungi seseorang terhadap depresi.

9. Meningkatkan Daya Ingat dan Melindungi Sel-Sel Otak


Tahukah anda, ternyata buah dan sayur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak ? Hal itu dimungkinkan karena adanya kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur. Antioksidan sendiri merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini.

Berikut adalah 20 buah yang kaya akan vitamin C : Jambu biji, Jeruk, Apel, Delima, Kiwi, Anggur, Stoberi, Pepaya, Alpukat, Sirsak, Mangga, Blewah, Tomat dan masih banyak lagi.  Buah berperan positif terhadap kemampuan mengingat dan mengolah informasi di otak serta mencegah kepikunan (Alzheimer).


10. Menghemat Belanja

Mungkin banyak dari anda akan bingung membaca manfaat mengkonsumsi buah dan sayur yang satu ini. Banyak pertanyaan yang timbul seperti, bagaimana bisa mengkonsumsi buah secara rutin dapat menghemat anggaran belanja ? Jawabannya sederhana, kita pasti sering menikmati kudapan coklat, kue dan lainnya. Dengan mengganti beberapa menu kudapan tersebut dengan sayuran dan buah maka akan menghemat pengeluaran belanja Anda.



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah berkunjung di blog saya, silahkan menambahkan komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Info Kesehatan dan Cara Hidup Sehat . All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.