Nov 20, 2016

20 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes






Diabetes adalah salah satu penyakit paling mematikan. Penyakit kronis ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol agar tidak berada pada level yang lebih tinggi. Cara terbaik untuk mengontrol diabetes adalah dengan disiplin yang baik dalam pola makan dan pemilihan makanan. Tak hanya berkonsentrasi pada makanan-makanan apa saja yang wajib dikonsumsi penderita diabetes, beberapa makanan sebaiknya dihindari karena mengandung zat-zat yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Para penderita diabetes harus menghindari makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Selain itu, penderita diabetes harus menghindari makanan yang tidak mengandung banyak serat, serta harus mengurangi karbohidrat. Makanan yang mengandung lemak tinggi pun tidak disarankan bagi penderita diabetes.

Itulah mengapa makanan yang pengolahannya dengan digoreng sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena mengandung minyak yang notabene mengandung banyak lemak jahat. Tak hanya bagi penderita diabetes saja, lemak pada minyak pun tak baik bagi kesehatan jantung.

Makanan yang baiknya dikonsumsi para penderita diabetes adalah yang kaya akan serat, serta nutrisi. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Jus Buah
Penderita diabetes baiknya mengonsumsi buah secara langsung karena buah kaya akan serat. Tetapi bukan jus buah. Jus buah miskin serat, serta mengandung banyak gula fruktosa yang kurang baik bagi mereka.

2. Kentang Goreng
Pembuatan kentang goreng yang digoreng menguatkan bawa kentang goreng mengandung banyak minyak, dan juga mengandung lemak jahat, yang dapat berbahaya bagi pengidap diabetes.

3. Pisang
Pisang mengandung karbohidrat tinggi. Selain karbohidrat, rasa manis pada pisang membuktikan bahwa pisang memiliki kadar gula tinggi yang tidak baik bagi penderita diabetes.

4. Kismis
Buah yang dikeringkan juga tidak baik untuk penderita diabetes. Kismis atau raisin memiliki kadar gula tinggi yang bila dikonsumsi akan menaikkan kadar gula dalam darah.

5. Tepung Maida
Tepung halus Maida adalah salah satu bahan makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan bila dikonsumsi. Para pasien diabetes baiknya menghindari bahan makanan yang mengandung sedikit serat.

6. Roti Tawar

Roti tawar yang terbuat dari susu sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena tidak mengandung cukup serat. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung banyak karbohidrat yang tidak cukup baik bagi pengidap diabetes.

7. Ketela

Ketela adalah salah satu bahan yang juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Ketela memiliki index glikemik yang rendah, yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

8. Daging Merah
Bagian daging merah yang disertai lemak pada babi dan juga sapi tidak baik bagi
penderita diabetes.
Sebagian besar penderita Diabetes memiliki resiko terkena penyakit jantung dan dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kolesterol seperti daging merah tersebut dapat mempertinggi resiko terkenanya penyakit jantung.

9. Kue dan Pastri
Bahan makanan seperti kue dan pastri yang manis tak diragukan lagi mengandung banyak gula. Selain gula, kalori yang ada pada kue dan pastri tentunya pun snagat tinggi sehingga tidak baik bagi penderita diabetes.

10. Lemak pada Susu
Orang terkena diabetes baiknya menghindari mengonsumsi susu yang dijual di pasaran, karena selain mengandung banyak gula dan lemak, juga kalori, kandungan tersebut dapat mengakibatkan kegemukan.

11. Ikan dan Daging yang Digoreng
Bahan makanan apapun, terutama ikan dan daging yang diproses dengan digoreng, tentunya akan mengandung minyak dan kalori tinggi.
Bahan makanan tersebut tentunya tidak baik untuk penderita diabetes.

12. Biskuit
Semua biskuit yang dijual di pasaran pasti mengandung banyak gula. Dengan mengonsumsi biskuit yang mengandung banyak gula tersebut, memiliki efek buruk, yakni dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

13. Nasi Putih
Nasi putih ternyata merupakan musuh bebuyutan dari penyakit diabetes. Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mengakibatkan kegemukan. Anda dapat mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah atau gandum.

14. Pia

Pia apel, pia daging, pia kacang, sama-sama berbahanya dan wajib dihindari bagi penderita diabetes. Pia memiliki kandungan gula serta karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat mengacaukan pengontrolan kadar gula dalam darah.

15. Soda dan Krim
Soda float dan kopi dengan float sangat tidak dianjurkan karena mengandung banyak krim yang terbuat dari gula. Selain itu, dari minuman tersebut, nutrisinya tidak begitu banyak dan justru malah mengandung banyak gula.

16. Terlalu banyak Kacang
Mengonsumsi terlalu banyak kacang dan biji-bijian juga tidak baik bagi penderita Diabetes.
Bahan tersebut memang tidak mengandung gula, tapi kandungan amilum dalam kacang-kacangan bila berlebihan tidak baik bagi pengidap diabetes.

17. Burger
Salah satu makanan cepat saji ini tentunya menjadi primadona karena penyajian yang cepat sekaligus mengenyangkan. Tapi tahukah Anda bila burger mengandung banyak karbohidrat yang tidak baik bagi penderita diabetes?

18. Soft Drinks
Minuman ringan atau soft drink sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena mengandung banyak gula.

19. Donat
Sama seperti kue, donat juga merupakan makanan yang wajib dihindari bagi penderita diabetes. Donat mengandung banyak gula, krim, serta karbohidrat yang tidak baik bagi pengaturan kadar gula dalam darah.

20. Saus Manis
Kebanyakan saus manis yang dijual dalam botol di pasaran mengandung kalori tinggi juga kadar gula yang tinggi pula. Selain itu saus manis, para penderita diabetes harus menghindari mengonsumsi saus tomat yang juga mengandung banyak gula.




0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah berkunjung di blog saya, silahkan menambahkan komentar

Copyright © 2014 Kumpulan Info Kesehatan dan Cara Hidup Sehat . All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.